2nd JHC’s Safety Riding Course

JHC_003_b1

Langsung aja deuh.. gag usah pake basa-basi.

Berawal dari acara SRC yang pertama kali dilaksanakan (hanya pesertanya sangat sedikit), terbersit sebuah ide untuk melaksanakan acara SRC yang kedua dengan jumlah peserta yang cukup banyak meliputi anggota yang sering hadir dalam acara kopdar mingguan. Target utamanya untuk memberikan pelatihan dasar kepada para anggota JHC mengenai standar-standar utama keselamatan berkendara di jalanan. Yaeyalah di jalanan, masa di kebon….

Peserta terbagi dalam beberapa grup, yaitu grup pertama berangkat pagi (nah, ini grupnya wong sugih, para pengusaha yang hari sabtu libur), hahahaha…. Grup kedua berangkat siang, buat para kuli bangunan seperti saya yang hari sabtu masih masuk kerja setengah hari. Nasib gan….  Dan grup ketiga, buat yang super sibuk, berangkat agak sore.

IMG-20150406-WA0029 IMG-20150406-WA0026

Kebetulan, karena tempat saya bekerja tidak jauh dari rute yang dilalui, maka saya bisa mengejar para pengusaha (grup pertama) yang kebetulan terjebak hujan yang sangat deras diseputar daerah Cibinong, Bogor sampai daerah Puncak. Sepertinya hujannya memang rata dan nonstop. Langsung tancap gas mengejar ketinggalan, menembus guyuran derasnya hujan dan beberapa genangan air di jalanan, akhirnya bertemu di pom bensin Warung Jambu, Bogor.

IMG_20150405_062012 IMG-20150406-WA0021

Eniwey, saya nggak menyadari bahwa kondisi Swallow Venom sudah berumur. Dan saya baru ingat keesokan harinya, yaitu pas setelah bangun tidur.  Untungnya selama perjalanan berangkat dengan hujan mengguyur, rata-rata kecepatan masih dibawah 60kpj dikarenakan jalanan yang padat merayap. Menghindari macet yang panjang, rombongan ambil jalan alternatif melewati Katulampa. Sampai disana kita rehat sejenak, sembari saya melaksanakan shalat ashar.

IMG-20150406-WA0028 IMG-20150406-WA0013

Berlanjut lagi setelah rehat, naik terus keatas. Ada sedikit insiden ditengah perjalanan. Dengan kecepatan hanya berkisar 30-50 kpj, ada motor didepan saya yang tiba-tiba saja gak ada angin gak ada batu gak ada lobang mendadak terjatuh. Semua berjalan dengan cepat, saya langsung ngerem sambil berusaha menghindar. Terlebih lagi posisi motor dengan motor dibelakang memang sangat rapat, jadi saya juga berusaha menghindari rem mendadak agar tidak terjadi tabrakan beruntun. So, hasilnya saya tidak bisa langsung berhenti dan kembali melanjutkan perjalanan.

Tidak berapa lama, kamipun sampai di tujuan. Alhamdulillah, hujan pun reda….

101_7691a 101_7806a

Sebelum ngaso, bilas dulu, abis itu sarungin biar gak kedinginan…

101_7695a 101_7698a

Selepas shalat maghrib, acara kongkow SRC pun dimulai…

101_7709a 101_7714a

101_7722a 101_7727a

101_7728a 101_7730a

101_7776a 101_7785a

101_7733a 101_7752a

IMG-20150406-WA0010 IMG-20150406-WA0016

Kayanya gak mungkin lah saya aplot semua materi SRC disini, so.. waktunya istirahat total.

Dan… Paginya…

101_7800a 101_7802a

101_7801a IMG-20150406-WA0014

Ada yang hura-hura…

101_7829a 101_7831a

Ada yang sibuk sama tunggangannya…

Siangnya, meReview hasil SRC dan ada games.

101_7835a 101_7837a

101_7838a 101_7840a

Pemenangnya dapet hadiah!!! mantab….

IMG-20150406-WA0017 101_7843a

Ini dia nih… Mekanik terbaik pantang menyerah!!!

IMG-20150406-WA0002 IMG-20150406-WA0006

Saatnya pulang….

Langsung gas pol. Kali ini karena kondisi tidak hujan dan tidak terlalu macet, maka kecepatan mampu digeber kisaran 50-60 saat mendapati jalanan sepi. Khususnya kisaran turun dari puncak dan menjelang masuk daerah Tajur.

IMG-20150406-WA0022 IMG-20150406-WA0007

IMG-20150406-WA0018 IMG-20150406-WA0001

Perjalanan & acara JHC kali ini menurut saya sangatlah unik. Selain fun, sharing ilmu tentang keselamatan berkendara juga sangatlah bermanfaat. Jadi gak cuma jalan-jalan doang, nginep trus hura-hura. Harapan saya, acara seperti ini bisa diadakan kembali dengan tema berbeda, karena menurut saya masih banyak materi SRC yang bisa diterangkan & dijelaskan.

Last… Thanx for all, & saya menunggu acara serupa bisa terlaksana kembali.

 

 

 

 

 


About this entry