Review NHK GPtech bag.2

GPtech_perspectif2

Review kecil NHK GPtech setelah pemakaian 2 tahun.

Plusnya :

+ Dari beberapa kali helm ini terjatuh (bukan terjatuh dari ketinggian yang sangat tinggi, rata-rata seringnya terjatuh dari jok motor) beberapa komponen tidak rompal. Cukup kuat melekat.

+ Komponen pengunci/gear kaca depan masih berfungsi baik. Kaca depan tidak melorot.

+ Kaca depan belom ada baret.

+ Komponen pengunci clip lock masih berfungsi sangat baik walau besi-besinya mulai berkarat karena faktor usia dan pemakaian.

+ Busa tidak kempes. Masih bulky seperti awal pembelian.

+ Warna abu-abu pada kain busa memberikan indikator kapan busa harus segera dicuci.

+ Kualitas cat bagus.

GPtech_OtherBikersView4 GPtech_OtherBikersView1

Minusnya :

– Yang menurut saya paling mengganggu adalah ventilasi depannya. Clip ventilasi saya geser ke kiri/tengah/kanan, rasanya kok sama aja, gak ada efek perbedaan. Kaya nggak ada gunanya.

– Kedua yang mengganggu adalah … sampe tulisan ini dibuat saya kesulitan melepas kaca depan secara keseluruhan. Jadi kalo mau membersihkan ya cuma buka pengunci sebelah aja.

– Besi clip lock berkarat. Solusi sementara dari saya, ya cukup dipilox saja.

– Kualitas cat yang bagus tidak diimbangi dengan layer cat yang tebal.  Karena gampang banget baret kalo kepentok.

– Bahan busa bagian tengkuk dilapisi semacam bahan yang mudah pecah-pecah. Walau bahan ini (jujur saja) sangat memudahkan saya untuk mencucinya, tapi kondisi sobek-sobek kecil tetep saja nggak enak dipandang.

HelmVersus10 HelmVersus11

Terlihat busa abu-abunya yang gampang kotor setelah beberapa lama dalam penggunaan. Gak usah khawatir, karena busa bisa dicopot untuk dibersihkan.  Foto diatas juga memperlihatkan clip lock yang berkarat. Bisa jadi karena usia pemakaian, hawa lembab, kondisi udara saat penyimpanan di rumah saya atau terkena keringat, dll.

Bagian busa pada tengkuk sebagai berikut…

101_7007a 101_7002a

Keliatan nggak yang pecah-pecah? Saya zoom lebih dekat lagi deh…

101_7007b 101_7007c

Nah.. tuh…  Bahannya mudah dibersihkan. Tapi ya itu, gampang sobek-sobek.

Hal ini membuat saya langsung menge-cek helm saya yang lainnya. Kebetulan saya ada helm half face NHK, GM dan fullface MAZ yang juga sudah berumur kira-kira 2 tahun. Silahkan dilihat foto-foto berikut ini…

101_7003a 101_7005a

Yang pertama helm fullface MAZ. Helm fullface kasta terendah yang diproduksi PT. DMI …  Dan hasilnya sama juga pecah2nya.
Langsung aja dilanjut ke helm berikutnya…

101_7037a 101_7038a

Yang kedua helm half face NHK Hammer. Dan hasilnya… Aneh… nggak tanggung-tanggung bro, yang ini malah dua-duanya nggak ada yang rusak. Padahal helm half face ini yang paling sering dipake saya dan istri.

101_7046a

Yang ketiga adalah helm anak GM evolution. Dan … WALAH!!!  Helm yang murmer ini malah mulus bin kinclong.

….

Ada apa dengan helm-helm fullface PT.DMI ?  Dengan harga yang lebih premium, mengapa kualitas kulitnya tidak lebih baik dari helm-helm half face nya?  Atau ini hanyalah sekedar opini dari hasil penelitian kilat saya saja?  Ntah lah…

Yang pasti dengan hasil ini, saya harus segera lebih memperhatikan perawatan helm NHK GP1000 yang baru saja saya miliki.

Sekian…

101_6998a

101_7001a

Wassalam!!!


About this entry