Suzuki Hayate 125 featuring Hirofumi Nishina

Suzuki Hayate 125

Desainer: Hirofumi Nishina

Bergabung dengan Suzuki sejak Apr 1994, Nishina memainkan peran yang penting untuk merancang skuter utama di pasar Asia Tenggara. Menyorot desain model: Wagon R RR, NEX GSR 125, dan terutama Hayate 125 model di pasar Vietnam.

Suzuki Hayate 125 – Sebuah langkah baru diatas sepeda motor skuter

Yang diharapkan membuka langkah baru untuk sepeda motor skuter, oleh karena itu desain dari Suzuki Hayate 125 harus sangat indah. Itulah alasan Nishina mengunjungi Vietnam untuk meneliti konsumen sepeda motor dan kebiasaan serta gelombang mode di generasi muda perkotaan. Berharap desain dapat mengungkapkan mewah skuter sporty dan gaya.

3 ide itu di sketsa oleh Nishina:
– Sketsa 1: Muda dan Terobosan Baru
– Sketsa 2: Elegan dan mewah
– Sketsa ke-3: Speedy. Kuasa. Luas pendirian

Akhirnya, 3 sketsa dipilih secara ketat kriteria Suzuki dalam desain. Karena ini adalah desain terinspirasi dari kereta api peluru terkenal Speedy – considred sebagai simbol kecepatan dan modern Jepang. Ide ini tak lama diringkas dengan nama Hayate (Dalam Jepang berarti “Speed up as the wind”)

 

Picture Sepintas kalau dilihat dasarannya, Suzuki Hayate ini cukup mirip dengan Suzuki Skywave. Terutama pada bagian tengah tempat pijakan kaki sampai cover bagasi. Namun kalau melirik ke depan.. Mirip Suzuki Skydrive 125, Tapi Hayate ini jauh lebih sporty.

Tapi kalau untuk urusan mesin sama dengan Skywave. Suzuki masih tetap menggunakan mesin 125 cc. Body sama-sama bongsor, tapi dari tengah hingga belakang lebih soft dan lebih pendek daripada Skywave. Tarikan garis juga gak terlalu kaku, namun tetap dinamis.

Rangka

  • Tipe Under bone
  • Suspensi depan Teleskopik, pegas ulir, peredam oli
  • Suspensi belakang Lengan ayun, tabung ganda, pegas ulir, peredam oli
  • Rem depan Cakram hidrolis
  • Rem Belakang Tromol
  • Ukuran ban depan 70/90-16M/C 36P
  • Ukuran ban belakang 80/90-16M/C 43P

Transmisi

  • Kopling Kering, otomatis, tipe sentrifugal
  • Sistem penggerak Super CVT dengan V-Belt

Mesin

  • Jenis 4 langkah, SOHC
  • Sistem pendingin Pendingin udara
  • Jumlah silinder 1 (satu)
  • Diameter silinder 53,5 mm
  • Langkah piston 55,2 mm
  • Kapasitas silinder 124 cc
  • Rasio kompresi 9,6:1
  • Daya maksimum 9,6 PS @ 8.000 rpm
  • Torsi maksimum 9,8 Nm @ 6.000 rpm
  • Karburator Mikuni BS-26
  • Saringan udara Elemen kertas
  • Sistem starter Listrik dan Engkol

Kelistrikan

  • Pengapian DC CDI (digital)/spark ignition
  • Tipe busi NGK C6HSA/ND U20FS-U
  • Accu 12 V (3,5 Ah)/10HR

Kapasitas

  • Bagasi bawah jok 17,7 liter
  • Tangki bensin 5 liter

Oli mesin

  • Penggantian 1.000 ml
  • Pembongkaran 1.200 ml

 


About this entry