Review Oli Fastron Techno 15w-50

Share hasil konsultasi tentang oli Fastron Techno 15w-50 :

Saya memiliki mobil Suzuki Baleno 97. Sudah sekian lama saya percayakan Baleno saya menggunakan oli pabrikan SGO (Suzuki Genuine Oil). Selang beberapa hari yg lalu, kebetulan saya mendapat informasi mengejutkan dari seorang teman. Dia menganjurkan untuk tidak menggunakan oli SGO karena olinya adalah oli biasa. Mulai saat itu saya bimbang & ragu ttg informasi tsb. Saat ini saya mulai melirik oli Fastron yang katanya punya kualitas baik. Cuma waktu di bengkel, saya bingung yang ternyata banyak variannya.

1. Oli Fastron yang mana yang cocok dengan mobil saya ?

Oli yang tepat untuk mobil bapak bisa memakai Pertamina Fastron 20W-50
ataupun Fastron Techno 15W-50.

2. Apa beda antara tiap jenis oli Fastron? (Faston biasa, tekno, gold &  full)

Perbedaan varian Fastron adalah tingkat kekentalan atau SAE-nya. Hal
ini untuk menyesuaikan karakter mesin-mesin teknologi baru dengan yang
dulu.

3. Waktu saya baca, oli Fastron biasa  (http://www.pertaminaracing.com/produk/2716/FASTRON+SYNTHETIC+OIL+SAE+10W-40) ada teknologi Nano Guards. Apa itu ?

Nano Guards merupakan molekul canggih yang mampu menempel dengan kuat
di bagian logam terdalam mesin. Fungsinya mampu memberikan pelapisan pada
permukaan logam, sehingga bisa mengurangi gaya gesek antar sesama logam.

4. Apakah Nano Guards ada di Fastron gold, tekno & full ?

Ya ada di semua varian Fastron.

5. Berapa km masa pakai untuk tiap oli Fastron ?

Oli Fastron bisa hingga 10.000 km.

6. Saya mendapatkan saran dari teman untuk menggunakan Fastron yang multigrade sampe 50. Mungkin maksudnya antara Fastron Full 0-50 atau Fastron Tekno 15-50. Mana yang bagus? apa alasannya?

Lebih baik yang Fastron Tekno pak, karena lebih sesuai dengan karakter
mobil bapak yang usianya hampir atau lebih 5 tahun. Supaya tingkat
kompresinya tetap terjaga.

7. Saya lihat Fastron gold sae nya 5-30. Apakah ini menandakan lebih encer dari 10-30?

Benar lebih encer.

8. Apakah Fastron gold / Fastron full bisa digunakan untuk motor matic saya?

Bisa pak, Fastron boleh untuk mesin motor matic. Karena mesin kendaraan
tak menerapkan sistem kopling basah.

9. Apa benar oli SGO isinya oli Pertamina?

Hampir 90% ATPM di tanah air mempercayakan olinya dari Pertamina dan
mereka ATPM Mengemasnya sendiri dengan merek lain. Nah bapak bisa
menyimpulkan sendiri, yang penting kami tidak menyebutkan ATPM
bersangkutan karena ada ketentuan kode etik antara Pertamina dengan
penyebutan nama ATPM.

 

Sekian terimakasih.

*share ini bukan iklan. hanya untuk berbagi ilmu tentang oli.

Wassalam!!!


About this entry