Review Oli Enduro Matic 10w-30

Share hasil konsultasi tentang oli Enduro matic :

Saya punya motor Suzuki Hayate 125. Selalu saya pakai untuk perjalanan cukup jauh Jakarta – Bogor / sebaliknya. Jarak tempuh mencapai 88km lebih setiap hari. Setelah saya pakai oli Enduro matic, memang motor terasa lebih enak tarikannya. Namun kira-kira 5-6 x penggantian, suara motor terdengar lebih kasar dari sebelumnya. Pertanyaaan :

1. Apakah ini normal/memang karakter dari oli sae 10-30?

Memang benar adanya. Karakter oli SAE 10W-30 yang lebih encer, menjadikan suara mesin terdengar lebih kasar. Tapi hal ini wajar dan normal. (Para pedagang mobil atau motor bekas, kerap memakai oli dengan tingkat SAE yang lebih kental, maksudnya menjadikan suara mesin lebih halus, namun justru membuat kinerja mesin lebih berat dan boros bbm, karena putaran mesin lebih berat dibandingkan jika memakai oli SAE yang lebih encer).

2. Saya mengganti oli setiap odometer mencapai kelipatan 2500km atau setiap 2500km. Dengan kondisi cuaca panas, pendingin udara & beban berat, apakah saya memang harus mengganti lebih cepat dari itu (saran montir bengkel per 1500km untuk oli sae 10-30)?

Pertamina Enduro Matic idealnya bisa digunakan hingga 5.000 km lebih, meski di laboratorium bisa hingga 7.500 km karena pelumas tersebut telah menggunakan Oil Base III (sinthetic). Bahkan saat Fastron Jelajah Negeri, seluruh motor matic (Yamaha Mio, Soul, Honda Beat, Vario dan Suzuki Skywave) menggunakan Enduro Matic tanpa ada masalah selama perjalanan sejauh 5.300 km (Medan, Jakarta, Denpasar dan kembali ke Jakarta). Pemakaian oli sangat ditentukan oleh kondisi jalan yang dialami oleh pengendara motor. Bila setiap hari sering mengalami kemacetan, maka masa pakai tak bisa lagi berpedoman 7.500 km. Hal ini dikarenakan saat macet atau motor berhenti, pelumas di mesin tetap bekerja, sehingga mengurangi usia pakai pelumas. Jadi bila pemakaian normal bisa 7.500 km, maka karena kondisi yang ekstrim akibat sering terjebak macet, bisa menjadikan usia pakai oli mesin turun menjadi 3.000-5.000 km. Untuk itu kerap periksa kondisi oli mesin.

3. Saya ada rencana pakai oli transmisi Enduro, tapi kapasitasnya yg 120ml melebihi kebutuhan oli transmisi Suzuki Hayate yang hanya 100ml. Perlukah saya kurangi pada saat pengisian? & Apa efeknya apabila saya tetap isi 120ml ?

Sesuaikan dengan buku petunjuk pemilik kendaraan. Bila memang 100 ml, ya idealnya harus 100 ml. Sisanya bisa disimpan untuk pemakaian selanjutnya. Bila dipaksakan diisi penuh tak ada efek sampingnya. Hanya saja menjadi kurang efisien.

4. Berapa km penggunaan yang disarankan untuk oli transmisi Enduro ?

Penggantian oli transmisi Pertamina Enduro Gear adalah 2:1 dengan penggantian oli mesin. Jadi misalnya Pertamina Enduro Matic dipakai hingga 4.000 km, maka Pertamina Enduro Gear bisa 8.000 km.

5. Adakah saran bagi saya/teman jika menggunakan oli merk lain khususnya merk terkenal?

Perhatikan vicositasnya dan sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Karena tiap oli memiliki karakter berbeda, pastikan berapa jarak tempuh pemakaian terbaik untuk oli tersebut. Ketahui juga bahan baku olinya, karena akan berhubungan langsung dengan performa mesin. Contoh : Enduro Matic merupakan oli sintetik, yang memiliki tingkat penguapan lebih rendah bila dibandingkan oli mineral. Disebut sintetik karena sebagian besar bahan bakunya menggunakan Base Grup III (sintetik). Bahan baku ini termasuk yang terbaik di kelasnya.

6. Bagaimana jika saya pakai oli motor 4 tak / oli mobil (bukan khusus matic) untuk motor matic saya?

Motor Matic membutuhkan aditif yang berfungsi mereduksi tingkat gesekan tinggi pada metal mesin. Jika kita bandingkan antara motor matic yang menggunakan oli matic (sebut Motor A) dan motor matic yang menggunakan oli nonmatic (sebut Motor B), maka potensi naiknya temperatur mesin akibat friksi pada Motor B akan lebih besar. Kenaikan temperatur ini bisa memberi efek kerusakan dini dari pelumas, yang akhirnya akan berujung kepada kerusakan komponen motor. Tentunya, kerusakan komponen motor ini tidak serta merta terjadi tapi akan terlihat setelah sekian waktu pemakaian. Karena itu, usahakan gunakan oli yang didesain sesuai peruntukkannya. Beda dengan Enduro matic. Enduro matic adalah pelumas motor matic dengan sertifikasi API SL & JASO MB. Mengandung moly additive yang mampu mengurangi friksi antara komponen dalam mesin, terutama ketika motor dipacu pada kecepatan tinggi.

7. Apakah bahan pewangi pada oli memberikan efek buruk bagi mesin?

Penambahan pengharum atau fragrance tidak akan menimbulkan masalah di kinerja mesin motor dan tidak menimbulkan kerak. Kerak timbul karena oksidasi dari rantai karbon yang memiliki molekul panjang. Sementara pengharum gampang menguap, karena memiliki rantai karbon yang pendek

8. Makin maraknya pemalsuan oli, saya jadi khawatir bahkan di pom Pertamina sekalipun. Bagaimana kiat memilih oli Enduro matic yang asli ?

Untuk memastikan bahwa produk ini asli, semua pelumas produksi Pertamina menggunakan nomor batch yang terdapat di tutup botol dan bodi botol. Bila angka batch keduanya sama, maka dapat dipastikan produk pelumas ini asli. namun jika kondisi tutup botol pelumas tak rapi dan nomor batch tak sesuai, maka produk itu adalah palsu.

9. Apa bahan bakar yang cocok untuk Suzuki Hayate125 dengan kompresi 9.6 :1 ? Apakah benar jika saya menggunakan Pertamax, mesin jadi panas & oli Enduro yang saya pakai untuk pelumasan akan berkurang? Ataukah saya harus menggunakan Premium?

Idealnya kompresi di atas 9.6:1 sudah harus memakai Pertamax. Sekadar informasi tambahan, selama sistem pendinginan dan pelumasan di mesin baik dan normal, maka memakai Pertamax tak akan menjadikan mesin overheating (kelebihan panas). Perlu diketahui teknologi metalurgi logam mesin-mesin sekarang lebih baik dibandingkan mesin motor produksi tahun 80-an, sehingga lebih mudah melepas panas. Sementara kekhawatiran volume oli akan berkurang bisa dicegah dengan syarat saat pengisian sesuai jumlah yang dibutuhkan. Misal: oli mesin 1 liter, isi sesuai takaran. Beberapa pengalaman saat mengisi oli mesin 1 liter, ternyata hanya diisi oli yang kemasan 0,8 liter. Akibatnya sistem pelumasan oli kurang sempurna, sehingga justru membikin oli mudah berkurang atau menguap. Kalau mesin kompresi tinggi dipaksa diisi premium maka akan terjadi detonasi/menggelitik, dimana BBM terbakar sebelum waktunya, akibatnya tenaga tidak maksimal, boros & penggantian spareparts yang lebih cepat dari waktunya.

Sekian terimakasih.

*share ini bukan iklan. hanya untuk berbagi ilmu tentang oli.

Wassalam!!!

About these ads

About this entry