Review Suzuki Hayate 125 bag.1

Gag perlu basa-basi lagi ya, langsung masuk tes aja ya. Tesnya bukan tes dari ahli, ini tes jalanan ala pengemudi wong ndeso seperti saya. Jadi kalo ada kesalahan, ya mohon mangap.

Tes Pertama :

Bogor – Parung – BSD – Alam Sutra – Ciledug – Blok M – Senayan – Semanggi – Pancoran – Kalibata – Ps Minggu – Margonda/Depok – Cibinong – Sentul – Bogor.

Isi Bensin 2x (Premium). Di Bogor isi 15rb & di Ciledug isi 5rb. Total 20rb.
Jarak tempuh sesuai hitungan odometer 135.5 km. (sampe Bogor lagi udah tipis)

Beban berboncengan total sekitar 130 kg.
Kecepatan rata-rata stop & go 50km/jam – 90km/jam.

Estimasi / perhitungan 1L = 34 km.

=========================================================

Kalo dipake buat pp kantor, dengan kecepatan normal 40km/jam – 60km/jam bisa lebih irit selama berangkat pagi, kalo kesiangan bisa lebih boros soalnya kota Bogor macet padet angkot & digeber ngejar waktu (masih lebih irit dibanding Vespa 2004 gw). Gak tau deh kalo pake Pertamax. Baru pake Pertamax beberapa hari terakhir ini untuk kebutuhan sehari2 & jalan2 muter sekitar rumah bareng anak. Jadi belom bisa kasih opini. Sejauh ini sih berasanya lebih irit, cuma “DP”nya aja terasa mahal. wekekeke….

=========================================================

Review Singkat Pertama :

(Dua bulan setelah pembelian) Dari segi desain gak usah diomongin dah. Karena masih baru & jarang seliweran ky kakaknya (Skywave), jadi masih sering jadi perhatian orang lain apalagi yg dibelakang. Lampu belakangnya emang moge banget. Lampu depan terang benderang, jauh banget sm Vespa gw. Lampu belakang idem, sayang kembali pake bohlam bukan LED. Cuma lampu sein aja yg desainnya bikin orang lain bertanya-tanya… “kenapa bentuknya gitu ya?”  (Ternyata baru2 ini, lampu sein Honda Taranis mirip juga).

Desain spidometer biasa ajah, gak spesial menurut gw. Bentuk muffler guard lumayan oke, sayang lebih kecil dari muffler Skywave. Ini bikin khawatir kalo pas pulang kerja & anak2 langsung dateng nyambut. Bagasi loooaaasss banget. Pas buat diajak ke pasar. hahaha…..

Soal mesin, tarikan awal terbilang berat & suara khas “ngorok” skywave msh terasa. Tapi pas puteran tengah emang wussss…. Pas dicobain di jalan lurus panjang daerah Parung terasa banget, daya nya nonjok terus. Gw aja yg ketar-ketir liat kiri kanan… Kebetulan temen kerja di Suzuki, tanya2 seputar mesin emang sengaja dibikin gitu. Karena gw bukan pembalap, menurut gw sih tarikannya maknyos ajah, apalagi kalo sudah jalan lama. Lagian bukan buat balapan kok.  Setelah 3 bulan pemakaian, oli standar pabrik dengan sae 20-50 gw ganti dengan Enduro 10-30. Oli tidak terlalu kental, kerja mesin lebih ringan & tarikan lebih enteng.

Perpindahan transmisi CVT halus ky mobil metik, malah gak terasa oey. Kalo liat kapasitas mesin 125cc, menurut gw sih lebih irit ketimbang lainnya yg 110cc & 125cc.  Selama perjalanan test ride, gak ada gejala selip. (Klaim suzuki ttg perbaikan desain kopling yg lebih panjang dr Skywave). Untuk desain airscoop yg baru di Hayate, saya belum bisa komentar banyak, soalnya belom cek lebih mendalem.

Diajak nanjak enak, cuma emang tarikan kurang gigit. Berasa kalo lg macet di tanjakan. Nah disini nih kekurangannya, gak ada rem tangan ky merk lain yg sudah menerapkan rem tangan. Rem depan pake cakram single piston, beda sm kakaknya (Skywave) yg pake double piston. Getaran mesin halus & perpindahan gigi juga sangat halus. Bawaannya pengen ngebut aja. Kacau dah…

Jatuh pilihan ke Hayate karena model underbonenya. Kaki anak bisa nangkring diatasnya.. wekekeke… & gak keliatan gendut. Jarak as roda & jok yg panjang jd pertimbangan juga krn buat bawa anak bini. Blom lagi dobel shock & roda 16″ keliatan gagah & kekar, plus ground clearence yg tinggi bikin nyaman kalo lewat pulisi tidur… wekekeke.

Untuk bantingan & handling gw sih ngerasanya lebih enak ketimbang merk lain. Tapi itu selera sih…. Berasa banget pas lewat jalur alternatif Taman Techno, BSD. Double shock emang nyaman. Waktu test ride sempet gw geber diatas 80km/jam, cukup stabil & daya nonjok terus … tapi gak lama ya.. serem oey, gw gak berani ngebut.   Biasa naek vespa soalnya…

Plus :
– Desain body lebih dinamis.
– Lampu belakang lebih sporty.
– AHO (automatic Headlamp On).
– Integrated magnetic Key Shutter (Kunci berpengaman magnet).
– Kapasitas 125cc, besar tapi tetap irit.
– Wheelbase yang panjang.
– Kopling disempurnakan tanpa selip.
– Power nonstop di putaran atas.
– Desain air scoop baru, mesin lebih dingin.
– Side stand switch, jadi lebih aman.
– CVT halus tanpa hentakan & bebas getar.
– Double shock, lebih nyaman & stabil.
– Bagasi luas.
– Jok lebar & panjang.
– Setang tidak lebar & handling manuver mantab.
– Ban 16″ lebih nyaman di jalan rusak.
– SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).
– Harga lebih murah dibandingkan merk lain.

-Rasio kompresi 9.6:1 masih bisa bertemanlah dengan premium/pertamax.

Minus :
– Desain spidometer kurang sporty (tapi mudah dibaca).
– Rem depan 1 piston (sebelumnya, Skywave pake 2 piston).
– Bunyi “ngorok” saat tarikan bawah.
– Lampu belakang pake bohlam (sebelumnya, Skywave pake LED).
– Pijakan belakang lebih kecil tanpa bantalan karet.
– Belum ada rem tangan spt kompetitornya.
– Muffler guard plastik & kecil, tidak meng-cover minimal 1/2 knalpot.

**Saat masuk service pertama (Depok);
-gw tanyakan mengenai suara “ngorok”. Jawab teknisinya “ya itu ciri khasnya pak..”
-gw tanya lagi “tarikannya agak berat ya?” Jawab teknisinya “owh, ya itu dari CVT nya pak, khasnya emang begitu ngejar biar alus tarikannya.”
-gw tanyakan mengenai rem yg kurang pakem. Teknisi langsung geber Hayate saya, balik lagi ke arah saya & rem mendadak sampe ngesot!!!! “bisa kok pak..”
saya jawab “yah berarti saya yg belom bisa begitu..”

jadi malu….

=========================================================

Tes Kedua :

Berangkat : Pancoran – Ps Minggu – Margonda – Depok – Cibinong – Sentul

Pulang : Sentul – Cibinong – Cililitan – Kalibata – Pancoran

Isi Bensin 1x (Premium). Full 20rb
Jarak tempuh berangkat 42,5km

Jarak tempuh pulang 42km

Beban sendiri total sekitar 85 kg.
Kecepatan rata-rata stop & go 50km/jam – 70km/jam.

Cukup untuk 2 hari. Isi bensin lagi hari ke 3 pagi.

Terus berulang-ulang selama 2 minggu.

Estimasi / perhitungan 1L = 38,3 km.

========================================================

Ini test gw lakukan waktu perjalanan dari rumah ke kantor.

-Odometer awal di rumah : 6.942.1

-Sampe kantor : 6.984.8

-Pulangnya sampe rumah : 7.026.0

*Mohon maaf kalo ada salah hitung yak…

========================================================

Review Singkat Kedua :

Pas buat kebutuhan gw yang berperut gendats & sering perjalanan jauh. Wheelbase panjang & roda 16”nya bikin nyaman selama perjalanan. Setelah berbulan-bulan penggunaan, shock belakang terasa lebih keras dibanding kompetitor. Berasa kalo lewat jalan rusak. Tapi kalo lewat jalan hotmix, nyaman banGets..

Keluhan datengnya dari bini. Pijakan kaki bener-bener terlalu kecil, ditambah tidak berlapis karet sehingga sangat tidak nyaman selama perjalanan jauh.

Untuk sparepart sejauh ini (8 bulan pemakaian) baru bohlam lampu yang putus. Putusnya bergantian. Kok cepet??? mungkin karena Hayate sudah AHO & perjalanan panjang yang gw lakukan. Yang mengejutkan, harga bohlam lampunya. Satu bohlam seharga Rp.9500,-. Termasuk murah laaaahhhh….

========================================================

Review Singkat Ketiga :

Kali ini gw tekankan bukan tentang desain, fitur & performa mesin lagi. Disini gw akan memberikan beberapa informasi tester dari beberapa media lokal, terutama mengenai konsumsi bahan bakar dan akan berbanding dengan hasil review gw sebelumnya.

– Review sebelumnya
Konsumsi bahan bakar 38,3 km/lt.
Dengan beban sendiri 85 kg & kecepatan (stop & go) digeber mencapai 70kpj. Sejauh ini
Top speed yg pernah diraih mencapai 100kpj (sendiri/boncengan). Dikecepatan segitu gas udah diputer pol, jarum spido agak berat mau naik lagi. Di kecepatan 100kpj, Hayate masih enak & stabil.

– Review Scooteriz (edisi 10, september 2011)
Konsumsi bahan bakar 33,23km/lt.
Tidak ada informasi beban (kemungkinan besar sendiri) & tidak ada informasi kecepatan pengetesan.

– Review R2 (edisi 42, 2011)
Konsumsi bahan bakar 36km/lt.
Dengan beban rider sendiri 87 kg, tapi tidak ada informasi kecepatan pengetesan.
Kalo liat foto2nya, pengetesan dilakukan di jalanan lengang/sepi.

Kesimpulan :
Konsumsi bahan bakar berkisar 33-38 km/L tergantung beban, kondisi jalan & cara berkendara.

 

  

 

 

 

Wassalam!!!


About this entry